Hidayah, Taubat dan Kematian

Hidayah bukan hanya dalam konteks non muslim yang menerima ajaran Islam. Di internal Islam pun, hidayah sesuatu yang harus diupayakan oleh setiap muslim. Banyak hal, yang menjadikan hidayah jauh berseberangan dengan kita atau mendekat di sisi kita. Ada hal yang terkadang bahkan kerap kita tak menyadari, yang merapatkan jendela hidayah, hingga cahaya kebenaran tak menerangkan ruang hidup kita.

Mensugestikan perasaan, “bahwa yang berjilbab saja belum tentu berperilaku baik”, maka akan menjauhkan hidayah untuk berjilbab. Menutup telinga dari nasehat kebaikan, dengan counter, “sok suci kamu, munafik kamu, urus diri sendiri”, maka akan membuat kita tuli dalam mendengar seruan hidayah. Karena pencuri yang baik adalah yang memberi nasehat kepada orang lain agar tidak mencuri.

Ketika kita merasa tidak nyaman dengan nasehat kebaikan dari seseorang, maka cukup disimpan dalam hati, dan biarkan air mata dan nurani kita berdoa kepada Allah, maka hidayah akan menghampiri ketika nanti kita telah membuka hati. Dengarkan kebaikan, sekali pun nasehat kebaikan itu datangnya dari pendosa. Karena, TIDAK AKAN pernah ada nasehat kebaikan yang berasal dari seseorang yang sempurna, yang tanpa dosa.

Ungkapan “wajar saja karena tidak ada manusia tanpa dosa”, bukanlah justifikasi bagi kita untuk selalu berbuat dosa dan dosa. Hidayah dan taubat, adalah dua ruang yang bergerak, dan saling berkejaran dengan KEMATIAN kita. Dan kita tidak akan pernah mungkin tahu, mana yang lebih cepat datang. Maka, segera putuskan SEKARANG. Bisa saja kita menuliskan paragraf pertaubatan kita dan menempatkannya diakhir halaman dari buku kehidupan. Padahal kita tidak akan pernah tahu, bahwa kematian dapat merobek bagian tengah dari buku kehidupan. Cari hidayah, jangan tunda pertaubatan, sebelum kematian tiba tak terduga mengakhiri segala kesempatan hidup.


Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s