Poligami Tanpa Izin Isteri

Apakah suami dibolehkan berpoligami TANPA seizin isteri terdahulu yang masih dalam ikatan syah pernikahan?  Karena TIDAK ADA nash tersurat yang menyatakan demikian. Ini tentu satu hal yang menarik untuk dipertanyakan dan didalami. Dalam ayat Qur’an jelas dan tegas, syarat berpoligami HARUS dapat berlaku ADIL terhadap isteri isteri, jika TIDAK MAMPU ADIL, maka menikahlah dengan SATU wanita.

Tidak mungkin seseorang mencapai keadilan yang sempurna, tetapi suami yang berpoligami bisa mencapai sifat adil yang mendekati, walau tidak mungkin pernah mencapai puncak keadilan. Dan syarat itu bisa terjadi, diantaranya keikhlasan dari isteri terdahulu dengan memberi izin suami berpoligami. TANPA izin jelas (akan) menyakiti hati seseorang isteri, dan jelas tegas bahwa menyakiti perasaan manusia adalah DOSA dan HARAM.

Seperti syarat mampu ekonomi untuk berpoligami pun tidak ada dalam nash Qur’an, tetapi jelas dan tegas dalam Qur’an bahwa kita diupayakan untuk tidak mewarisi kemiskinan kepada anak cucu. Jadi tersirat jelas, walau tidak ada nash tersurat, keadilan dalam berpoligami bisa didekati bila poligami tersebut berangkat dari IZIN isteri terdahulu dan dibangun diatas keMAMPUan ekonomi. Jika tanpa syarat tersebut, maka seperti perintah Qur’an menikahlah dengan hanya SATU wanita.

Poligami dalam Islam adalah bukan wajib. Tetapi bila itu menjadi sebuah pilihan hidup, maka seorang pria muslim wajib memenuhi segala persyaratan untuk berpoligami. Poligami diam diam tanpa sepengatuhan isteri terdahulu, atau poligami yang dibangun diatas kemiskinan ekonomi, bukanlah poligami dalam konteks hukum Islam.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s