ISIS, Rusia dan USA

Rusia dan aliansinya, pekan ini telah memulai serangan militer berdarah, dan diklaim menyasar teritori yang dikuasai oleh ISIS. Setelah berdiam dalam kesabarannya selama 4 tahun, Rusia pun turun gunung, melihat sekutu dekat dan terakhirnya di tanah Arab, Bashar Assad kian dalam posisi sulit. Rusia memang memilili ikatan dan keterkaitan dalam politik dengan Suriah.

Sementara ISIS yang beberapa tahun ini menguasai sebagian teritori Irak dan Suriah, kini berada dalam posisi bertahan atas ‘agresi’ militer Rusia. Pemberitaan dan informasi diseputaran ISIS, memang beragam dari angle dengan multi latar. Perang informasi perihal ISIS, membuat dunia terbelah, khususnya pada tataran umat Islam.

Ditumpukan informasi yang tumpang tindih, muncul pertanyaan kepenasaran, mengapa ISIS yang distigmakan teroris oleh Barat, malah dibiarkan berkuasa oleh USA dan sekutunya? Padahal kita mafhum, kekuatan militer USA bukanlah tandingan bagi ISIS. Apalagi pangkalan militer NATO di Turki, ada di halaman belakang teritori ISIS.

Apakah USA dan sekutunya membiarkan ISIS berkuasa, hanya karena dimanfaatkan untuk menjatuhkan rezim otoriter Bashar Assad? Ataukah ada agenda back sreet antara USA dengan ISIS? Teori konspirasi dan rekayasa memang meriuhkan analisa dan pemberitaan. Ataukah ISIS sebagai sebuah perjuangan independen untuk mendirikan kekhilafahan Islam, seperti klaim propaganda mereka selama ini?

Tentu saja, aksi militer Rusia dan respons USA atas tindakan Rusia ini, menarik untuk dicermati dan dilihat dengan kacamata analisa. Sehingga dunia tidak sekadar menduga dan meraba, tetapi bisa memetakan dimana posisi USA, Rusia dan tentu dapat melihat posisi ISIS yang sesungguhnya.

Krisis Suriah ini pun, dapat memicu kita bernostalgia, akan kenangan perang dingin. Bahkan tidak berlebihan, jika ini bisa menjadi benih benih dari kemunculan perang dingin jillid dua.


Iklan

2 thoughts on “ISIS, Rusia dan USA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s