Majalengka Kian Berlari

Hingga dua dekade lalu, bila bertanya tentang Majalengka, bagi sebagian orang bukan Majalengka, menjawab ‘DIMANA?’. Pendekatan kewilayahan menjadi penjelasnya, ‘dekat Cirebon Kuningan atau Sumedang’, wilayah yang melingkari Majalengka dan lebih familiar dan menasional. Hingga kini pun, Majalengka kota, yang ibu kota kabupaten, bisa jadi ‘kalah’ ramai dibanding dengan kebanyakan ibu kota kabupaten lain di tatar Sunda. Tapi, dalam hitungan tahun dengan jemari sebelah tangan, kedepan MAJALENGKA akan menjelma lebih menasional bahkan go internasional.

Pembangunan dan perkembangan, membuat Majalengka kini dan nanti akan lebih ‘berlari’. International AIRPORT Kertajati akan menjadi landmark Majalengka, tidak lagi sekadar tugu bunderan. Jalan TOL segitiga Cikampek Cirebon Bandung pun akan membelah kabupaten yang memilih tetap setia dengan provinsi Jawa Barat ini, dibanding mendukung wacana pembentukan provinsi Cirebon. Jalan tol ini akan menjadi jalan ‘silaturahmi’ yang kian mendekatkan Majalengka dengan Jakarta dan Bandung. Dus, pembangunan pusat perbelanjaan yang marak, lebih membuat Majalengka menggiurkan dikeekonomian. Kawasan industri pun diprediksi meluas di zone utara Majalengka yang memang cocok peruntukannya.

Pembangunan dan perkembangan zaman adalah sebuah keniscayaan, dan TIDAK BISA dicegah. Yang terpenting adalah bagaimana hasilnya BISA dinikmati tidak hanya oleh para elite, tapi juga hingga ke grass root. Tentu butuh pengorbanan, tapi wajib meminimalisasikan ‘korban’. Bahwa nantinya, kearifan lokal akan termarjinalkan, adalah sebuah estimasi dari perkembangan zaman dan pesatnya pembangunan, yang menjadikan masyarakat Majalengka lebih majemuk dan sejahtera.

Banyak asa tentang agar tetap membuminya kearifan lokal, satu diantaranya, semoga bahasa SUNDA tetap menjadi bahasa ibu bagi warga Majalengka. Dan semoga nilai nilai RELIGI tetap bertumbuh dan mengakar, di kabupaten yang pernah memiliki moto ‘IBADAH’, tetapi dikemudian hari diubah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s