Nabi Isa Tahu Kapan Hari Kiamat ?

Qur’an surat ke 43 ayat 61, firman Allah, “Sesungguhnya Isa bin Maryam memberitahukan tentang terjadinya hari kiamat, janganlah ragu, ikutilah petunjuk-Ku, inilah jalan yang lurus”.

Ayat ini sering menjadi rujukan oleh saudara kita umat Kristiani, untuk mengabarkan bahwa Isa diberi tahu tentang kapan hari kiamat terjadi. Yang tahu tentang kiamat hanya Allah. Jadi Isa bin Maryam adalah Allah, demikian pendapat mereka. Diakhir ayat “inilah jalan yang lurus”, disimpulkan untuk mengikuti Isa bin Maryam.

Benarkah demikian? Isa bin Maryam seperti Nabi lain yang diutus ke dunia, benar memberi pengetahuan tentang akan datangnya hari kiamat, berupa tanda tanda menjelang hari kiamat. Agar manusia, mengikuti jalan keselamatan. Tetapi makna dari teks ayat Qur’an 43:61, bukan Isa diberitahukan kapan kiamat akan terjadi. Karena memang kapan kiamat akan terjadi, itu hanya Allah yang tahu.

Dalam kitab Injil, Matius pasal 24 ayat 29-36, sangat jelas, Yesus berkata, “Tentang hari kiamat, kapan hari dan waktunya, tidak ada seorang manusia pun yang tahu. Aku pun tidak tahu. Hanya Allah Bapa saja yang mengetahuinya”.

Tentu, klaim yang mengatakan bahwa Qur’an menyatakan Isa tahu kapan hari kiamat, jelas dusta. Tentang jalan lurus dengan mengikuti Isa bin Maryam, dijelaskan dalam ayat berikutnya di Qur’an surat yang sama, ayat ke 64, Isa berkata, “Sesungguhnya Allah itu adalah Tuhan aku juga Tuhan kamu. Maka sembahlah Dia. Inilah jalan yang lurus”.

Paralel dengan bunyi ayat Injil,  Yohanes pasal 20 ayat 17, Yesus berkata, “…aku akan pergi kepada Bapa-ku dan Bapa-mu, kepada Allah-ku dan Allah-mu”.

Sangat jelas, dalam Qur’an juga Injil, Isa/Yesus tidak tahu kapan hari kiamat akan terjadi. Karena memang yang tahu kapan hari kiamat akan terjadi, hanya Allah, dan Nabi Isa bin Maryam memang bukan Allah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s