TINGGI NABI ADAM 60 HASTA

​Begitu populernya keyakinan tentang Nabi Adam as memiliki tinggi tubuh 60 hasta, atau sekitar 27 meter. Ini berdasar hadits shohih dari Rosulullah SAW. Tentu harus kita yakini dan imani informasi ini. Ini pula yang kita yakini tinggi tubuh Adam as ketika hidup di bumi.

Tetapi adalah perlu difahami, apakah tinggi 27 meter ini, juga ketika Adam as telah turun ke bumi? Karena teks hadits menunjukan tinggi Adam as 27 meter, adalah saat Adam as diciptakan awal, di surga ketika Adam as bertemu berbicara dengan para malaikat.
Ketika Adam as telah turun ke bumi, postur Adam as tentu telah seukuran manusia sekarang, proporsional dengan situasi alam di bumi yang telah Allah ciptakan. Sulit dibayangkan jika kita meyakini Adam as saat turun ke bumi tubuhnya setinggi 27 meter.
Kesulitan tentu dalam aktivitas hidup di bumi jika bertinggi 27 meter. Karena penunjang hidup, yaitu makanan yang bersumber dari tanaman atau hewan, tentu juga harus proporsional dengan tinggi Adam as, untuk bahan baku makan juga rumah untuk berteduh.
Jika tumbuhan dan hewan saat Adam as hidup seukuran saat ini, tentu sangat tidak proporsional dengan tinggi Adam as yang 27 meter. Apalagi Adam as hidup hingga 900 tahun, hidup bersama dan bertemu dengan banyak anak cucu cicit keturunannya.
Pula, Adam as ada di bumi masih sangat muda dalam sejarah evolusi kehidupan. Yaitu sekitar 4.000 – 5.000 tahun SM, atau sekitar 7.000 tahun yang lalu. Bahkan jika mengacu kitab INJIL dalam Perjanjian Lama, sangat dapat dihitung dengan pasti rentang waktu, sejak Adam as hingga Yesus as putera Maryam adalah 4.100 tahun.
Tentu Adam as yang 27 meter, lalu berevolusi menjadi manusia setinggi kurang dari 2 meter, dalam hitungan kurang dari 2.000 tahun ke zaman Nabi Nuh as, atau berjarak hanya 4.000 tahun ke zaman Nabi Isa as putera Maryam, tentu sebuah kemustahilan bagi sebuah proses evolusi ukuran tubuh manusia, dari 27 meter ke 2 meter.
Padahal, iptek telah memastikan bahwa manusia purba yang hidup 1-2 juta tahun lampau, juga manusia modern Cromagnon di benua Eropa yang hidup 40.000 tahun lalu, postur tubuhnya berdasar banyak temuan fosil kerangkanya, tidak lebih dari 2 meter.
Dan kita pun belum pernah menemukan fosil kerangka manusia, dengan ukuran belasan hingga 27 meter tingginya. Jika disinergikan dengan fakta temuan iptek tentang evolusi kehidupan manusia, tentu Adam as saat hidup di bumi, ukuran postur tubuhnya tidak jauh berbeda dengan umumnya manusia yang tidak lebih dari 2 meter.
Tinggi Adam as yang 60 hasta atau sekitar 27 meter seperti dalam hadits Nabi, adalah saat Adam as diciptakan dan hidup di surga. Bukan ketika Adam as turun dan hidup di bumi. Wallaahu alam.
® Rachmat Cigasong Majalengka

Iklan