ALQUR’AN ALMAIDAH AYAT 51

Ada hukum Islam yang memerlukan kekuatan dalam konteks kekuasaan untuk ditaati, misal hukum bagi pelaku kriminal. Aturan seperti ini memerlukan perundangan, seperti apa yang kita lihat di Saudi Arabia. Tidak bisa dilakukan begitu saja oleh antar individu muslim.
Ada aturan Islam yang otomatis mengikat setiap muslim. Misal larangan minum miras, makan babi, menjalankan bunga riba, muslim memperlihatkan aurat. Aturan ini tidak menunggu adanya perundangan dari negara.

Demikian pula aturan yang terdapat dalam surat Almaidah ayat 51 tentang memilih pemimpin, dan diayat lainnya dengan substansi sama, mengikat setiap muslim untuk mentaatinya. Substansi ayat tersebut sangat jelas dan benderang, tidak membutuhkan penafsiran, dan tidak perlu sebuah perdebatan.

Apalagi dalam konteks dimana muslim menjadi mayoritas disuatu tempat. Persoalan menjadi berbeda jika muslim sebagai minoritas. Seperti muslim di USA menghadapi Pilpres mendatang, tentu bisa bersikap lain, misalkan dengan memilih Hillary Rodham Clinton.

Jika seorang muslim mengingatkan muslim lainnya dalam konteks memilih pemimpin, dan berdalil dengan surat Almaidah ayat 51, maka muslim tersebut sama sekali tidak dalam posisi membohohongi muslim lainnya. Dan tentu Qur’an pun bukan media untuk membohongi umat muslim. Karena itu adalah fakta hukum Islam yang harus ditaati setiap individu muslim.

Dalam negara demokrasi seperti Indonesia, setiap WNI dengan latar agama atau etnis apa pun, boleh dan bisa dicalonkan sebagai pemimpin. Sama bolehnya ketika seorang muslim mengingatkan muslim lainnya untuk ingat dan taat dengan substansi Qur’an Almaidah ayat 51.

Bolehkah muslim mengingkari dan tidak taat dengan ayat 51 surat Almaidah? Itu hak setiap muslim, yang tentu akan dipertanggungjawabkan secara individu kepada Allah. Karena sekuat setinggi sebesar sehebat apa pun kita, pada akhirnya kita akan mengalami kematian. Dan di akhirat hanya kepada Allah kita bertanggung jawab, bukan kepada penguasa dunia.

® Cigasong

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s