SCHIAPARELLI MENJELAJAH RUANG ANGKASA DAN KEMATIAN

Pekan ini kembali untuk kali yang kesekian, objek buatan manusia mendarat di planet merah Mars. Robot penjelajah berbobot 600 kg, Schiaparelli, lepas dari wahana induknya yang tanpa awak, Trace Gas Orbiter, di orbit Mars untuk mendarat di permukaan Mars.
Dibutuhkan 7 bulan waktu dari bumi dalam perjalanan sejauh setengah milyar kilometer. Jarak yang begitu sangat dekat dalam konteks alam semesta yang tidak memiliki batas. Tetapi menjadi jarak yang masih sangat luar biasa jauh bagi peradaban manusia.
Dibutuhkan waktu, biaya besar, kekuatan dan kecerdasan bagi manusia untuk menjelajah alam semesta yang tidak berbatas, yang berisi milyaran galaksi. Dimana setiap galaksi berisi jutaan sistem tata surya. Dan planet bumi kita, menjadi bagian dari sistem tata surya matahari. “Hai jin dan manusia, jelajahilah langit dan bumi, kamu tidak akan sanggup, kecuali dengan kekuatan kecerdasanmu” ( Qur’an, surat 55 ayat 33 ).
Ingatkah kita, bahwa suatu ketika, setiap kita pun akan dengan mudah dan cepat, melintas menuju alam tanpa batas, dengan kendaraan kematian. Kita akan berada di alam yang belum pernah kita lihat dan rasakan sebelumnya. Jika alam semesta yang maha luas saja tidak bertepi, kemana dimana alam yang akan kita tempati setelah kematian? Subhaanallaah.

Masihkah kita berbangga dan arogansi dengan kehidupan dunia yang sangat sesaat ini? Dapatkah kita menghindar dari perjalanan kematian ke alam keabadian? Apa yang bisa kita bawa kelak? Apa yang akan terjadi dan kita alami kelak dikeabadian waktu? Tangisilah kehidupan selagi kita masih di dunia. Ataukah kita ingin menangisi kehidupan, saat kita nanti sudah di alam kematian?
® Cigasong

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s