BOM SAMARINDA DAN JIHAD ISLAM

Aksi kriminal biadab bermotif kebencian, dengan mengatasnamakan keIslaman kembali terulang, terkini menyentuh Samarinda. Terjadi pergeseran target tempat, setelah tersering pulau Jawa, kini melebar menyasar ke Kalimantan.
Mengatasnamakan jihad Islam bisa saja dilakukan sipelaku. Seperti dikebanyakan kasus teroris lainnya. Tetapi, siapa pun sulit dan tidak akan pernah bisa menemukan dalil dalam ajaran Islam, yang bisa membenarkan aksi kriminal dan teror atas nama jihad semisal itu.

Andai saja, ada aturan dalam Islam yang membolehkan membunuh atau melukakan umat non muslim, maka akan terlalu banyak korban non muslim berjatuhan, di Arab Saudi atau Indonesia yang mayoritas muslim.

Dan jika ada ajaran Islam seperti itu, mengapa aksi teror kriminal atas nama jihad Islam baru terjadi sejak tahun 2000 kemarin, bukankah ajaran Islam telah ada sejak abad 7 masehi? Pelaku teror hanyalah kelompok yang sangat minoritas dalam mainstream muslim.

Kekerasan dan kejahatan teror dengan atas nama agama atau pun tidak, dalam sejarah dunia, pernah diperbuat oleh para pelaku dari semua agama, tidak monopoli satu agama, lebih karena motif ekonomi politik kekuasaan dan sosial. 

Seperti pernah terjadi tragedi peperangan dan pembunuhan (Protestan dengan Katolik di Irlandia), penjajahan (oleh Belanda di Indonesia), genosida (dengan korban ribuan muslim Bosnia), perbudakan (terhadap ras negro) dan kebijakan diskriminasi yang membedakan ras manusia (apartheid di Afrika Selatan). 

Tapi tentu, ajaran agama mana pun tidak ada yang mengajarkan kekerasan kejahatan. Tetapi akan selalu ada oknum pemeluk agama mana pun, yang memiliki persepsi radikal dan dangkal, untuk membenarkan aksi kejahatan teror yang bermotif ekonomi sosial politik atau kekuasaan.

Sungguh sangat bodoh dan sesat, orang yang melakukan aksi biadab dengan pembenaran dalih keagamaan. Tetapi ada yang lebih bodoh dan lebih sesat dari itu, yaitu orang yang percaya bahwa ajaran suatu agama mengajarkan kejahatan dan kekerasan.

® Majalengka

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s