MUSLIM, KEBHINEKAAN DAN NKRI

​TELAH DAN SELALU TERUJI, MUSLIM MENDUKUNG KEBHINEKAAN DAN NKRI

Isu kebhinekaan dan NKRI kerap dialamatkan kepada kelompok muslim, jika kental menyuarakan aksi keIslaman. Seolah kelompok muslim menjadi terdakwa, yang rentan tidak menghargai kebhinekaan dan berpotensi meretakan keutuhan NKRI.

Tudingan yang terlalu ‘lebay’ dan bisa sebagai bentuk kepanikan yang bisa cenderung bodoh. 71 tahun kita telah merdeka, dan bhineka tunggal ika masih semboyan kita, NKRI masih kokoh utuh. Semua itu tentu karena diantaranya perjuangan dan kesadaran muslim yang mayoritas di NKRI ini.

Terakhir, fakta dalam aksi spektakuler 212, pernahkah isu bergeser dari kasus yang pribadi Ahok, menjadi isu serangan terhadap agama yang dianut Ahok? Bandingkan dengan penyikapan dunia jika terjadi kasus teror. Keutuhan NKRI jelas hal yang utama dan terdepan bagi muslim yang mayoritas.

Kebhinekaan dan cinta tanah air, telah lebih awal diajarkan Rosulullah kepada umat Islam. Ketika rakyat Aceh menjalankan syariat yang dilindungi konstitusi, disinisi sebagai bentuk anti kebhinekaan, begitu pula dengan kasus Perda Romadhan di Serang Banten yang implementasi otonomi kedaerahan.

Padahal dalam kasus Ahok yang ‘dibiarkan bebas’ tidak ditahan, umat Islam diminta menghormati aturan hukum. Akar masalahnya bukan persoalan menghormati atau tidak. Tetapi kita harus sangat jujur, bahwa perbedaan keyakinan dan agama, kadang memang membuat kita saling curiga dan dengki dalam hati. Fakta yang tidak perlu dibantah, dan tidak bisa dinafikan.

Yang terpenting adalah, kecurigaan dan kedengkian itu tidak diapungkan dan tidak menyulut sentimen yang mengarah kepada perpecahan atau kebencian serta permusuhan, cukup dalam hati dan pikiran. Kebhinekaan dalam Islam adalah sunatullah yang harus disikapi dengan penghormatan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s