ANIS BASWEDAN UNTUK JAKARTA

Kemenangan Anis Baswedan dalam Pilkada Jakarta,  adalah buah dari akumulasi kekecewaan umat Islam atas realita sosial politik dan hukum yang memang sangat bisa dirasa dilihat didengar.  Gigit jari untuk pendapat bahwa warga Jakarta sangat rasional akan mengabaikan isu agama. 

Tidak ada isu yang bisa membangkitkan dan menyatukan emosional manusia, kecuali isu agama. Ini yang selalu kita nafikan. Dan kini isu agama terlihat dan membenarkan kemenangan Anis Baswedan. Mulut bisa diam,  telinga bisa ditutup,  tetapi hati dan pikiran serta keyakinan tak pernah bisa diterobos diubah dengan kampanye verbal dan visual. 

Hasil Pilkada DKI tentu menjadi evaluasi dan pembelajaran bagi presiden Jokowi,  jika ingin bertarung di pilpres 2019. Kini mulai harus dipikirkan,  tentang siapa teman siapa lawan dan bagaimana kebijakan harus diputuskan. Rakyat memiliki kekuatan dan kekuasaan saat berada didalam bilik suara. 

Demokrasi adalah tentang satu orang satu suara,  tanpa melihat apa pun alasan dan latar seorang dalam memilih. Banyak pembelajaran yang bisa diambil dari hasil Pilkada Jakarta. Jangan pernah melukai dan mengecewakan perasaan. Jangan abaikan suara mayoritas.  Dan yang terutama jangan pernah meremehkan isu keagamaan. 

#Alhamdulillaah

#SujudSyukur

#Almaidah51A

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s