MUSLIM DAN CARA PANDANG TERHADAP DUNIA

Hukum dunia sangat bisa tidak mengikat kehidupan manusia. Seseorang yang melakukan tindak pidana disuatu negara, tentu tidak akan berimplikasi hukum apapun di negara lainnya. Umumnya dia harus bertanggung jawab hanya di negara dimana dia melakukan tindak pidana. Seseorang bahkan bisa terbebas dari hukuman dunia atas kejahatan disuatu negara, jika dia memperoleh suaka dari negara lain.

Tetapi siapa pun kita sebagai muslim selama hidup, dimana pun dan kapan pun, selalu dan pasti berimplikasi dengan hukum dan akibat di akhirat. Tentang apa yang kita perbuat dan bagaimana cara pandang kita dalam menyikapi kehidupan dunia ini. Tentunya termasuk dalam hal urusan politik ekonomi dan sosial.

Setuju atau tidak, terpaksa atau tidak, disadari atau tidak, diakui atau tidak, seorang muslim akan selalu memiliki konsekuensi terhadap kehidupan di akhirat, tentang apa yang dia perbuat, dan tentang bagaimana cara pandang dia menyikapi kehidupan di dunia.

Bagi seorang muslim dalam hidupnya hanya memiliki satu falsafah yang menjadi dasar hukumnya, yaitu Quran dan sunnah Nabi yang merupakan wahyu dari Allah. Dengan Quran dan sunnah inilah seorang muslim kelak pasti akan diadili tentang apa yang telah dijalani dalam hidupnya.

Ketidaktahuan kita dengan kenyataan ini karena minimnya pengetahuan tentang keislaman, tidak bisa menjadi alasan kita terbebas dari implikasi hukum di akhirat. Allah telah memberikan kita akal pikiran dan kecerdasan. Dengan inilah kita harus ingin tahu dan mencari tahu, tentang ilmu keislaman agar kita bisa memahami bagaimana kita menjalani hidup, dan bagaimana seharusnya kita memiliki cara pandang terhadap kehidupan di dunia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s