INTOLERANSI DAN ANTI KEBHINNEKAAN, ADAKAH?

Isu yang meriuhkan Indonesia, yang secara fakta bisa jadi tidak ada, dan sepertinya memang tidak ada. Tetapi untuk suatu kepentingan, isu ini seperti diblow up, sehingga dirasa bahwa bangsa ini sedang darurat intoleransi dan marak anti kebhinnekaan.
Hingga terkadang dibuatlah pesan iklan toleransi untuk diviralkan. Tapi alih alih untuk mengkampanyekan hidup toleransi, yang ada malah dikhawatirkan menjadi kontra produktif.

Diakar rumput, kita bisa menemukan fakta, perbedaan yang memang nyata, tidak ada membuat kita menjadi anda dan aku. Justru anda dan aku tetap menjadi kita, sejak dahulu hingga kini, dan tentu seperti itu harapan kita kedepannya.

Saat beberapa kali aksi berjuta umat digelar disekitaran masjid Istiqlal Jakarta, adakah tumbuhan yang terinjak di halaman gereja Katedral? Rubuhkah pagar gereja Katedral? Gedung Katedral dan bangunan Istiqlal nyatanya tetap berhadapan saling senyum dan melambai. Dimana fakta intoleransi ada?

Di Papua, di Bali, di Bangka Belitung, di Aceh, secara umum adakah perbedaan membuat kehidupan berbatas? Berdinding? Berkotak kotak? Berdarah darah? Lalu adakah fakta untuk menguatkan kita sebagai bangsa sedang darurat intoleransi dan anti kebhinnekaan?

Kita berharap, kegagalan dan patahnya ambisi kepentingan politik, tidak digeser menjadi isu seolah sedang darurat intoleransi dan anti kebhinnekaan. Masyarakat secara umum kita lihat dan rasa, hidup melambai dan bergandengan tangan.

Stop isu dan provokasi seolah kita sedang darurat intoleransi dan anti kebhinnekaan. Peristiwa politik harus dilihat tetap dalam konteks politik. Istiqlal, Katedral, Borobudur, Prambanan, Pura Besakih tetap berdiri kokoh. KH Hasyim Ashari, Christina Martha Tiahahu dan I Gusti Ngurah Rai, tetap menjadi pahlawan Nasional kita.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s