GENTING

Jangan ragu, Pancasila itu dasar negara, warga yang dalam hatinya pun tidak mengakui palsafah Pancasila, pasti secara lahiriah akan tetap taat dan tunduk kepada aturan negara. Sama seperti pemeluk agama X, dalam hatinya bisa saja tidak mengakui agama Y, tetapi yang penting secara lahiriah saling mengakui dan menghormati. Dan hati, pikiran juga keyakinan tidak bisa didakwa dihukum. Jadi tidak perlu mempermasalahkan dan mengkhawatirkan Pancasila sebagai dasar negara. 
Apa pun latar seorang WNI, rasanya mayoritas akan dan tetap mendukung menginginkankan Indonesia tetap NKRI. Tidak ada alasan untuk membuat Indonesia pecah. Jangan mengambil contoh Irak Afghanistan Suriah Yaman Yugoslavia atau Uni Soviet. Karena mereka ya mereka, sedang Indonesia adalah kita. Jangan seolah olah kitalah yang paling pejuang menjaga NKRI. NKRI itu sudah harga mati, tidak perlu jadi isu kekhawatiran.

Intoleransi? Jika ada masif dan tumbuh subur, mungkin gereja Katedral sudah roboh. Dan mungkin masjid Istiqlal tidak dibangun berhadapan dengan Katedral. Dan mungkin jutaan muslim tidak berwisata ke Borobudur Prambanan. Adakah kasus terkini korban pembunuhan karena motivasi beda agama? Yang ada malah teroris muslim membunuh melukai polisi yang juga muslim sedang sholat.

Adakah ormas yang membunuh karena perbedaan agama? Adakah ormas yang platformnya kekerasan? Jika ada ormas yang pernah melakukan kekerasan, pasti lebih dari satu ormas, kekerasan karena persaingan bisnis atau sentimen antar individu. Dan itu bisa diselesaikan oleh aturan hukum.

Pikirkan dan renungkan, sudahkah situasi segenting yang dikhawatirkan? Lebih tujuh dekade Indonesia merdeka, dan terbukti Pancasila tetap dasar negara. Dan NKRI tetap utuh bersatu. Jika pun Timor Timur lepas, kemudian pernah ada gejolak di Aceh dan Papua, bukan oleh sebab ormas ormas yang dikhawatirkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s