PETA DUNIA, GEOGRAFI KEKUASAAN ALLAH

Bila kita mencermati peta dunia, sungguh nyata rancang bangun kekuasaan Allah adalah bukti kesempurnaanNya. Bukti kasihNya kepada umat manusia. Sejalan dengan substansi ayat Kursi al-Baqoroh 255. Bentuk geogorafi bumi kita bukanlah sebuah kebetulan dari proses alam, tapi kesengajaan dari kekuasaan dan kemurahan ALLAH.
DIA merancang daratan yang sempit antara laut Merah dengan laut Mediterania, agar manusia dapat dan mudah membangun terusan Suez. Tak terbayangkan sulit dan mahalnya kehidupan umat manusia andai tidak ada terusan Suez, karena pelayaran harus mengelilingi benua Afrika melintasi Tanjung Harapan. 

Laut sempit ini pula, yang pernah memperlihatkan kekuasaan Allah, melalui mukjizat kepada Nabi Musa as, dengan terbelahnya air laut, agar Nabi Musa dan umatnya dapat melintasinya dari kejaran Fir’aun. Dan dikemudian hari, manusia menggali daratan sempit ini, agar dapat melintasi untuk pelayaran. 

DIA pun merancang hal yang sama ketika menciptakan benua Amerika, hingga mengecil pada bagian tengah, dan memudahkan manusia membangun terusan Panama. Andai tidak ada, tak terbayang berapa mahal biaya kehidupan, karena lalu lintas pelayaran lebih jauh harus melewati selat Ferdinand de Maghelan diujung selatan Argentina. 

Begitu pula, ada ayat ayat kebesaran ALLAH dengan diciptakannya laut sempit, selat Jabal Thoriq, selat yang pernah dilintasi oleh salah satu jenderal militer Islam paling disegani pada abad 8 masehi, saat mengislamkan Spanyol dan Portugal, Thoriq bin Ziyad, yang memisahkan Afrika barat dengan semenanjung Iberia Eropa barat. Tanpa selat ini, maka terusan Suez akan kurang bermanfaat bagi pelayaran dunia. 

Dan bila kita merenungkan adanya selat Dardanela dan Bosforus di Turki, selat saksi bisu saat Sulaiman Agung menaklukan Konstantinopel Romawi Timur, atau selat Bering pemisah Rusia dengan Alaska, maka sungguh ada keajaiban dari rencana Allah dalam menciptakan permukaan bumi.

Dalam konteks penciptaan alam, banyak ayat ayat Qur’an yang terkait dengan itu, diantaranya firman Allah, “Sungguh pada penciptaan alam, ada tanda tanda kekuasaan Allah, bagi kaum yang mau berfikir”. Maka, dengan memikirkan merenungi dan mencermati peta dunia pun, kita dapat kian dekat kepada Allah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s